Pages

Minggu, 13 Januari 2013

10 gejala umum Demensia Alzheimer

Waspadai kalau anda mudah lupa!! Karena bisa jadi itu gejala awal Demensia Alzheimer (pikun)

Kisah pak broto...
Alkisah suatu hari saat ingin bertemudengan rekan bisnisnya diluar kantor,pak broto mengajak rekan bisnisnya untuk bertemu dicafe,sekalian makan siang,tiba tiba ada orang yang menegurnya "Hai Broto,Apa kabar?Lama tidak ketemu yaa..." lantas pak broto pun kaget siapa orang ini "Hai... Kabarku baik,maaf,bapak siapa ya?" ternyata orang itu adalah temen kuliah pak broto "hehehe... Lupa ya? Aku tanto temen kuliahmu dulu,masih ingat kan?" "Ohh... Budi...".
Nah ilustrasi diatas bisa jadi salah satu contoh mudah lupa,dan mudah lupa itu termasuk gejala awal Demensia Alzheimer.

"....Hilangnya memori hingga mengganggu aktivitas sehari hari bukan merupakan bagian normal dari penuaan... "

1.Gangguan daya ingat
Kalau ini sudah pasti,karena Demensia Alzheimer sendiri adalah pikun atau sejenis sindrom dengan apoptosis   sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan,sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.Ciri-ciri gangguan daya ingat anrara lain sering lupa akan kejaidan yang baru saja terjadi.Lupa janji,menanyakan/menceritakan hal yang sama berulang kali.

2.Sulit melakukan aktivitas/pekerjaan sehari-hari
Karena sel-sel otak berkurang memori untuk mengingat sesuatu pun menghilang,maka dari itu seseorang yang terkena dDemensia Alzheimer sulit melakukan aktivitas/pekerjaan sehari-hari.Ciri-ciri dari Sulit melakukan aktivitas/pekerjaan sehari hari adalah Lupa cara memasak.mengoperasikan telepon,tidak dapat melakukan perhitungan sederhana.Bekerja dengan waktu yang lebih lama dari dari yang biasa.

3.Sulit melakukan tugas yang familiar
Seringkali merasa sulit untuk merencakanan atau menyelesaikan tugas sehari-hari.Bingng,cara mengemudi,sulit mengatur keungan,sulit mengikuti permainan kesukaannya.

4.Disorientasi
Menurut Kmus Besar Bahasa Indonesia,Disorientasi sendiri adalah kehilangan daya ingat untuk mengenal lingkungan,terutama yang berkenaan dengan waktu,tempat dan orang.Nah maka dari itu,jika anda memiliki keluarga atau orang yang dekat dengan anda yang menderita Demensia Alzheimer,Pikun atau sudah Alzheimer sebaiknya jangan dibiarkan untuk bepergian sendiri,karena bisa saja mereka tidak tahu arah jalan pulang.Dalam kasus ini,disorientasi bingung akan waktu (hari,tanggal,hari-hari penting),bingung di mana mereka berada dan bahaimana mereka sampai disana dan tidak tahu jalan kembnali kerumah.


5.Kesulitan memahami Visuospasial
Kesulitan untuk memahami hal hal yang berhubungan dengan persepsi dari hubungan-hubungan ruang.
Sulit untuk membaca,mengukur jarak,menentukan jarak/membedakan warna,tidak mengenali wajah sendiri dalam cermin,menabrak cermin saat berjalan.

6.Gangguan berkomunikasi
Kesulitan berbicara mencari kata yang tepat.Seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

7.Menaruh barang tidak pada tempatnya
Lupa di mana meletakan bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.Tapi,jika anda lupa dimana anda meletakan kacamata diatas jidat itu biasa,karena banyak orang yang mengalmi hal seperti itu.

8.Salah membuat keputusan
Dalam kasus ini,bukan salah membuat keputusan seperti sudah menyetujui lalu membatalkan secara tiba tiba,tetapi dalam kasus ini salah membuat keputusan dengan berpakaian tidak serasi,tidak dapat merawat diri dengan baik.

9.Menarik diri dari pekerjaan dan aktivitas sosial
Bukan menyendiri,tetapi tidak tertarik dan tidak mau melakukan pekerjaan dan aktivitas sosial.Tidak semangat untuk melakukan kativitas atau hobi yang biasa dinikmati.tidak senanf berkumpul dengan teman-temannya.

10.Perubahan perilaku dan Kepribadian
Emosi berubah secara drastis dan tidak dapat ditebak,menjadi bingung,curiga,depresi,takut atau tergantung pada anggota keluarga.Mudah kecewa dan putus asa baik dirumah maupun dalam pekerjaan.

Jika anda melihat tanda-tanda atau gejala penyakit Alzheimer pada diri anda atau orang yang disekitar anda.Segera bicarakan pada Dokter anda!.

Referensi:
http://www.alz.org
http://www.10signs.org/ten_signs.asp

- Go Follow @shebysss -

0 komentar:

Posting Komentar