Pages

Selasa, 01 Januari 2013

Tradisi tahun baru diberbagai negara

Happy new year all over the world ! Sekarang udah tanggal 1 januari 2013 dan kali ini saya mau post tentang kebiasaan atau tradisi tahun baru yang ada diberbagai negara.Ok kita mulai~

1.Indonesia
Nah,kemaren Bapak Joko Widodo alias Gubernur DKI jakarta nutup jalan sudirman sampai thamrin yang digunakan untuk pesta tahun baru,selama 13 tahun saya tinggal dijakarta baru kali ini kayaknya ada kayak gitu.Diindonesia sendiri memiliki beberapa Tradisi tahun baru yaitu

Bakar-bakar
Bakar-bakar kali ini bukan bakar yang bersifat kriminal,tapi kayak bakar daging,bakar jagung,bakar sate,ya anggep aja nyate.Biasanya yang bakar bakar ini keluarga besar,soalnya kalo bakar bakarnya sedikit nggak berasa serunya,jadi ngundang keluarga besar gitu ngumpul dimana terus bakar-bakar deh.

Petasan/Kembang Api
Saya pernah denger berita yang katanya ada burung tewas karena kembang api tahun baru,walaupun bahaya dan kadang kadang dirazia sama Polisi tetep aja kita bakar petasan,tapi nggak rugi sih,karena kembang apinya bagus bagus

Tukar kado
Saya masih inget waktu tahun 2006,kompleks perumahan saya bikin acara tahun baru bersama dan didaftar acara itu ada tukar kado,akhirnya saya mendapatkan frame.Biasanya,tukar kado ini buat seru seruan aja,biasanya ada syarat syaratnya kayak harganya harus dibawah 10 ribu,harus berbentuk kotak,dibungkus sama koran.

Terompet
Dulu,waktu saya masih kecil saya suka minta terompet kalo udah mau tahun baru,tapi pas saya sudah agak besar,saya nggak minta terompet lagi,soalnya saya baru tau kalo semua terompet itu dites dulu sama orang yang buat terompet,otomatis saya jijik karena bisa aja dari mulut orang yang ngetes terompet itu ada virus yang menular.

2.Italia
Buang sampah

Bingung sama tradisi yang satu ini?Tradisi buang sampah yang dimaksud itu bukan buang buang sampah,tapi buang barng barang yang udah nggak dipakai lagi dan harus dibuang lewat jendela tepat tanggal 1 januari atau pada pukul 24.00.Tapi yang hebatnya lagi,yang dibuang itu bukan sampah,tapi barang elektronik! Ya kayak kulkas,televisi,atau mungkin laptop?

3.Jepang
Makan makanan awetan
Makanan awetan disini maksudnya makanan yang diawetkan secara tradisional,kayak dikeringin,dibikin asinan atau manisan atau diasap,tiap tiap makanan juga punya makna sendiri,yaitu telur ikan sebagai simbol kemakmuran,ikan sardin asap atau tatsukuri yang berarti tanah yang subur

4.Yunani
Makan buah pome granate
Buah pome granate itu buah delima yang menurut kepercayaan yunani melambangkan kesuburan,pokoknya tanggal 1 januari itu... Buah delima everywhere...

5.Korea
Makan Thuck-Gook 

Cukup unik bagi saya,karena kerupuk nasi,telur dadar disiram sama kaldu sapi,itu dipercaya bisa awet muda! Tapi semuanya itu harus alami bukan yang instan.

6.Spanyol
Makan buah anggur

12 butir anggur,melambangkan 12 bulan,kepercayaan orang spanyol yang katanya dengan makan 12 buitr buah anggur ini menyimbolkan 12 harapan yang diharapkan tejadi dalam 12 bulan itu.

7.Jerman
Makan ikan mas

Saya bingung kenapa tradisinya makan makanan sisa New year's eve,percaya nggak percaya katanya bisa beruntung terus.Makanan yang diwajibkan disini itu Ikan mas,apa pun itu pokoknya harus ada ikan mas.Yang unik,nanti duri ikan mas ini dikasih ke tamu yang datang ke acara New year's eve.




8.Denmark
Memecahkan piring tetangga

Kalo di spanyol ada tradisi harus buang sampah elektronik ataupun bukan harus dari jendela,kali ini diDenmark harus pecahin piring tetangga caranya dilemparin ke pintu rumah tetangga yang lainnya,percaya nggak percaya makin banyak yang dipecahin makin banyak keberuntungannya.

9.Brazil
Underware warna-warni

Saya cukup ketawa waktu baca tentang tradisi ini,sebetulnya bukan di brazil aja dibolivia dan mexico.Percaya nggak percaya katanya kalo pake underware warna warni ini bakal untung terus sepanjang tahun.Warna yang biasanya dipake itu warna warna yang mencolok kayak kuning atau merah,karena ada maksud maksudnya kalau merah artinya hidup penuh dengan cinta,kalau kuning lebih mudah untuk makmur.

10.Ekuador
Bakar orang-orangan sawah

Sebelum baca postingan ini saya bisa menebak kalo tradisi ini digunakan untuk mengusir setan dan hal hal sial lainnya.Orang-orangan sawah (Scarecrows) yang biasanya dibuat dari kertas koran dan bilah kayu.

11.Scotland
Bola api Viking

Setiap tahun ada acara yang namanya "Festival of Hogmanay".Semua laki laki dewasa alias bapak bapak atau mas mas yang sudah dewasa berparade sambil memegang suluh.Yang membuat tradisi ini adalah bangsa Viking sejak menguasai Skandinavia.Percaya nggak percaya bola-bola api itu adalah lambang pemurnian dan pengharapan matahari supaya musim dingin cepat selesai.

12.Chile
Bertahun baru dikuburan


Hayooo siapa yang berani ke kuburan malam malam??? Walaupun tahun baru dan Dikasih hadiah pun saya tetep nggak mau walaupun itu tahun baru.Tapi kuburan ini nggak dibuka terus,dibuka jam 23.00.yang lebih bikin saya merinding itu dikuburannya disetel musik klasik yang bikin merinding *NAHLOH!* dan lampu sengaja agak diredupkan.

13.Mexico
Berkomunikasi pada roh

Kalau dichile Tahun baru dikuburan itu saya masih mau deh asalkan nggak sendirian,tapi kalo di mexico lebih extrim dan lebih menantang dari pada dichile,yaitu berbicara pada roh... .Mexico memang banyak kepercayaannya dengan roh,dan malam tahan baru diyakini waktu paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh,kepercayaan mexico percaya berkomunikasi dengan Roh ada keuntungannya,bisa saja dapat petunjuk untuk masa depan.Endingnya,tradisi ini jadi bisnis dadakan di Mexico.Ada sebuah penginapan diMexico tepatnya di Taos inn yang menawarkan jasa paranormal untuk berkomunikasi dengan Roh.Sekali masuk 15 menit 15 dolar.


14.Irlandia
Daun mistletoe pengharap jodoh

Daun mistletoe adalah daun yang sering digunakan untuk hiasan natal,sebetulnya Daun ini berasal dari pohon tumbuhan parasit dari ordo Santalales yang berdasarkan keluarga Santalaceae,Loranthaceae, dan Misodendraceae.Gadis gadis lajang diIrlandia percaya dengan meletakan beberapa helai daun mistletoe dibawah bantal berharap 'mas ganteng' mereka datang melamar mereka.


15.Brazil (lagi)
Ritual penghormatan Lemanja

Mungkin ini Nyi Roro Kidul-nya orang Brazil.Ditengah malam pergantian tahun baru masyarakat brazil dengan mengenakan baju putih mereka berbondong bondong  menuju pantai untuk menghormati Lemanja dengan menabur Bunga di lait,mengubur mangga,pepaya & semangka ditepi Pantai untuk penghormatan sang dewa.




Ternyata kalau diperhatikan yang paling banyak itu Indonesia dengan 4 tradisi,yaitu bakar-bakar,terompet,kembang api dan tukar kado.Ternyata cukup unik dan menarik juga ya Berbagai macam Ritual/Tradisi/kebiasaan yang ada diberbagai penjuru dunia yang didominasikan dengan makanan.Berminat untuk mencoba???

- Go Follow @shebysss -

0 komentar:

Posting Komentar