Pages

Rabu, 30 Januari 2013

Tradisi ulang tahun di seluruh dunia

Karena hari ini adalah hari jadi ke 14 tahun saya,saya akan post yang mengenai ulang tahun,jadi saya kali ini menulis tentang tradisi ulang tahun

Bolivia 
Dansa Waltz dan memakai serba putih. Pada saat anak perempuan berusia 16 tahun, maka perempuan tsb memakai pakaian putih dan berdansa waltz.

Cina 
Makan siang dengan mie ayam. Anak yang berulang tahun memberi hormat pada orangtuanya dan menerima uang dari orang tuanya. Sahabat dan saudaranya diundang untuk makan siang dan mie adalah makanan yang lazimdimakan dengan maksud agar yang berulang tahun memperoleh panjang umur,

Denmark 
Bendera terbang. Sebuah bendera diterbangkan melalui jendela dengan maksud sebagai tanda bahwa seseorang yang tinggal dirumah tsb ada yang berulang tahun. Hadiah dan kado diletakkan disekeliling ranjang anak tersebut pada saat sedang tidur, sehingga melihat pd saat bangun tidur.

Italy
Menarik telinga. Telinga si anak yang berulang tahun akan ditarik sebanyak usia anak tersebut.

Jepang
Baju baru. Si anak yang berulang tahun memakai baju baru sebagai tanda, dan mengunjungi kuil setempat.



Amerika Serikat 
Kue,lilin dan lagu. kue dengan lilin diatasnya berdasarkan umur anak tersebut. Kemudian menyanyikan lagu “selamat ulang tahun”. Dan diakhir lagu tsb anak itu meniup lilinnya. Jika dapat mematikan lilin dengan sekali tiup,artinya keinginannya pasti terkabul (ini yang orang indonesia tiru).


Mesir
Di negara ini, kemeriahan ulang tahun dipenuhi dengan nyanyian dan tarian. Khususnya, saat seorang anak mencapai umur setahun. Pesta perayaan juga dipercantik dengan berbagai macam jenis bunga dan buah sebagai simbol kehidupan dan perkembangan.

India
Dalam tradisi Hindu, perayaan ulang tahun ditandai dengan cukur rambut. Hihihi, lucu, ya? Mencukur rambut sama saja dengan menjauhkan orang yang berulang tahun dari roh-roh jahat yang berasal dari masa lalu. Sekaligus menyimbolkan lahirnya jiwa yang baru.
Selain rambut yang baru, oknum yang berulangtahun ini juga memakai baju yang berwarna-warni saat ke sekolah. Dan membagikan cokelat kepada semua teman sekelasnya. Di rumah, mereka punya ritual khusus, yaitu berlutut dan menyentuh kaki kedua orang tua sebagai simbol penghormatan. Mereka sekeluarga kemudian menuju ke tempat pemujaan untuk berdoa.


Inggris
Bagi orang Inggris, kue ulang tahun bukan sekedar makanan wajib ada saat berulang tahun. Maknanya, bisa lebih daripada itu. Soalnya, menganut tradisi dari Zaman Pertengahan dulu, menaruh benda-benda seperti koin dan sarung jari yang dipakai untuk menjahit ke dalam adonan kue, itu wajib hukumnya. 
Penduduk Inggris percaya bahwa jika tamu yang mendapatkan potongan kue berisi koin, akan makmur sepanjang hidupnya. Sementara, yang mendapatkan sarung jari, bakal kesulitan mendapat jodoh. Duh, ngeri tertelan, ya? Untungnya, tradisi ini sekarang sudah bergeser. Penduduk Inggris mengganti benda-benda itu dengan sesuatu yang bisa dimakan seperti cokelat koin dan permen.



Dan untuk informasi tambahan,, tradisi pesta ulang tahun pertama kali diadakan diEropa sejak jaman dahulu. Orang-orang Eropa percaya bahwa roh-roh jahat tertarik dgn orang yang sedang ulang tahun. Untuk menjaga mereka dari roh jahat itu, saudara dan teman-temannya berkumpul dan memberi ucapan serta doa.

0 komentar:

Posting Komentar